Tahap - Tahap Berlatih Biola 1

Salam sobat BK...
Sekarang ini banyak sekali pemain biola handal di Indonesia salah satunya seperti Iskandar Wijaya, baca juga Pemain biola terbaik Indonesia. Banyak dari mereka yang mempelajari biola dari nol atau sejak berusia muda, dengan usaha keras dan terus berlatih seseorang bisa menjadi handal dalam bermain biola. Pengalaman awal saya dalam mempelajari biola bisa dibilang sulit, namun saya selalu diberi dukungan oleh sahabat Biola Indonesia, dan saya menjadi bisa bermain biola sedikit demi sedikit.



Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Membersikan Bow. Bow yang bersih akan membawa citra yang positif bagi seorang pemainnya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu tentang tahap-tahap dalam berlatih biola. 

Tahap awal ini sangat dianjurkan untuk pemula yang baru saja membeli sebuah biola. Sudah tau cara memilih sebuah biola? Bila belum lihat di sini. Banyak terjadi kebingungan setelah membeli biola baru tentang apa yang harus dipelajari atau dilatih untuk para pemula.

Berikut adalah tahap-tahap yang bisa kamu gunakan dalam berlatih biola.

Tahap-tahap :

1. Bisa mengeluarkan biola dari dari case/tempatnya tanpa merusak biola maupun case/tempat.
2. Bisa mengencangkan bow dengan benar tanpa mematahkan bow ataupun memutuskan hair bow.
3. Bisa menggosokan rosin pada hair bow secara merata.
4. Bisa memegang (menjepit) biola pada posisi yang semestinya.
5. Bisa memegang bow dengan benar.
6. Bisa menstem nada dengan tepat. Cara menstem nada Klik Disini

Itulah tahap-tahap yang bisa dilakukan ketika baru saja membeli biola baru dan belum tau apa yang harus dilakukan atau dipelajari. Tips dari saya adalah belajarlah dengan panduan orang lain yang sudah mahir, bergabunglah pada Grup yang membahas seputar biola dan aktif bertanya.

Bagaimana? Apakah kamu berada pada level ini? Atau lebih dari ini? Sebarkan info ini bila Anda merasa artikel ini bermanfaat.

Baca :
Tahap - Tahap Berlatih Biola 2 Klik di sini
Tahap - Tahap Berlatih Biola 3 Klik di sini
Tahap - Tahap Berlatih Biola 4 Klik di sini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »