Mengenal Bagian-Bagian Biola untuk Pemula


BAGIAN-BAGIAN BIOLA

Biola adalah alat musik string yang dimainkan dengan cara digesek. Senar di biola ada 4 yaitu GDAE, senar G meurpakan senar yang paling rendah dan senar E adalah senar yang paling tinggi. Diantara keluarga biola seperti Violin (Biola), Viola (Biola Alto), Cello, dan Double Bass (Kontra Bass), Violinlah yang memiliki nada yang paling tinggi.

Biola memiliki beberapa bagian/komponen yang sangatlah berpengaruh terhadap suara maupun kualitas biola tersebut. Contohnya adalah Sound Post biola.Soundp Post biola disini berperan sebagai penghantar getaran suara yang diterima dari hasil gesekan antara senar dengan bow.

Biola tidak akan berbunyi jika tidak ada Sound Post maupun salah satu komponen yang rusak. Karena pada dasarnya semua komponen yang ada di biola sangatlah penting.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bagian bagian biola dan manfaat buat biola itu sendiri. Bagian-bagian biola sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya. Mari kita bahas satu per satu.
Baca juga: Cara Memilih Biola Untuk Pemula


1. Chin Rest


Chin Rest diletakan dengan cara dijepit dibadan biola menggunakan logam clem. Chin Rest biasanya terbuat dari kayu Ebony, Rosewood, Boxwood, dan Plastik.

2. Tail Piece

Hasil gambar untuk tail piece
http://follandviolins.com/wp-content/uploads/2010/07/tailpiece.jpg


Tail Piece terbuat dari banyak bahan, Tail Piece biola biasanya dari kayu Ebony, Sonokeling, Boxwood, atau Pernambuco. Bahan lainya termasuk cor logam ringan, dan plasik.
Tail Piece berfungsi sebagai penahan senar biola dan tempat fine tuning biola.

3. Fine Tuning


http://classicalic.blogspot.co.id/p/instrument.html


Fine Tuning beguna sebagai peyetem nada. Fine Tuning terletak di Tail Piece. Biasanya terbuat dari logam maupun plastik. 

Fine Tuning dari logam maupun plastik masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Fine Tuning yang terbuat dari logam memang tahan lama tetapi cepet berkarat, begitu pula sebaliknya yang terbuat dari plastik.

4. Bridge


http://archive.kaskus.co.id/thread/11401479/0/perlengkapan-biola---violin-senar-bridge-cleaning-cloth-fitting-set

Bridge (Jembatan) merupakan kayu yang diletakan antara Fingerboard dan tailpiece. Bridge biola berfungsi sebagai penghantar getaran dari senar menuju badan biola.

5. F-Holes


https://www.pinterest.com/explore/amati-violin/

F-Hole adalah lubang yang terdapat pada bagaian badan depan biola. Sesuai dengan namanya F-Hole berbentuk huruf F. F-Hole berfungsi sebagai tempat keluarnya suara dari dalam biola.

6. Fingerboard


http://www.kennedyviolins.com/instrument-setup/

Kayu hitam yang menempel dengan neck itu adalah Fingerboard. Fingerboard biasanya terbuat dari kayu Ebony. Komponen ini penting untuk sebuah biola, dimana Fingerboard berfungsi sebagai tata letak nada pada biola. Fingerboard memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran biola tersebut. Jika ukuran biola tersebut semakin kecil maka semakin pendek juga Fingeroard yang diberikan. Hal ini disesuaikan dengan ukuran jari si pengguna.

7. Neck


http://theviolinplace.com/The%20Violin%20and%20the%20Bow.html


Neck biola atau leher biola terbuat dari kayu yang diletakan di belakang Fingerboard. Neck memiliki fungsi menahan Fingerboard dan tempat meletakan ibu jari untuk membantu menahan beban biola.

Baca juga: Cara Merawat Biola

8. Tuning Peg


http://jendralkancieel.blogspot.co.id/2013/06/tips-untuk-peg-biola-atau-cello-yang.html

Empat kayu kecil yang berfungsi sebagai penyetem nada. Selain sebagai penyetem biola, Tuning Peg juga berfungsi sebagai pengencang dan penahan senar biola.

9. Scroll


https://indonesian.alibaba.com/promotion/promotion_violin-neck-promotion-list.html

Scroll atau ekor biola tidak begitu berpengaruh terhadap biola. Scroll berfungsi sebagai hiasan dan sebagai media untuk menggantungkan biola.

mungkin sekian untuk postingan kali ini. Apabila ada kesalahan silahkan kirim Kritik dan Sarannya di kolom komentar bagian bawah.

TERIMAKASIH

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
10 August 2021 at 10:57 delete

ulasan alat musik biola yang menarik. mengingatkan mbah kakung saya yang sudah almarhum, beliau setiap minggumemainkan alat musik unik ini kala berkumpul bersama keluarga

Reply
avatar